Senin, 21 Juni 2010

Information is Power [SKDAG583]

Untuk menyerang dan merebut daerah musuh, seranglah di tempat mereka tidak bertahan. Untuk bertahan dan pasti tetap teguh, bertahanlah dimana mereka pasti menyerang (Sun Tzu).

Untuk memenangi pertempuran maka ada dua hal minimal yang perlu kita perhatikan, yaitu (1) menyerang musuh di sisi lemahnya, yaitu di tempat mereka tidak memiliki pertahanan dan (2) perkuat pertahanan di tempat musuh pasti menyerang. Untuk mengetahui ke dua hal tersebut tentu saja dibutuhkan informasi yang sungguh akurat dan tepat.

Tanpa ada informasi yang berguna, maka sulit bagi kita untuk mengalahkan musuh dan memenangkan persaingan. Karena itu carilah kelemahan musuh atau pesaing, dan kita gunakan semua sumber daya untuk mengalahkan mereka di sisi tersebut. Kemudian carilah bahwa musuh akan menyerang ke posisi yang mana; nah kita perlu memperkuat posisi tersebut agar ketika musuh menyerang, maka kita telah siap untuk menghadapinya.

Tentara atau sumber daya yang kuat saja tidak cukup untuk memenangkan pertempuran atau persaingan bisnis saat ini. Kita perlu informasi, agar sumber daya yang kita miliki dapat dimanfaatkan secara tepat. Apalagi pada saat era informasi dan komunikasi saat ini maka kita dapat menggunakan berbagai perelatan dan teknologi untuk membantu menghasilkan informasi.

Tidak ada komentar: