Rabu, 16 Juni 2010

Perhatian, bukan Kejahilan [SKDAG143]

Kejahilan tidak pernah menjadi jembatan yang dapat mempererat persahabatan. Tetapi perhatian adalah pelangi persahabatan.

Persahabatan terjadi antara dua manusia, bila di antara mereka ada suatu kedekatan secara emosional. Hal ini hanya dapat terjadi bila di antara mereka terdapat hati dan emosi yang membuat mereka saling memperhatikan sahabatnya. Perhatian merupakan jembatan pembentuk persahabatan; hal inilah yang membentuk kedekatan antara dua manusia.

Sebaliknya kejahilan bukan merupakan alat untuk membentuk persahabatan, malahan kejahilan menyebabkan retaknya persahabatan, walaupun sebenarnya persahabatan sejati seharusnya tidak hancur hanya karena adanya kejahilan.

Kejahilan seseorang membuat orang yang dijahili menjadi tidak nyaman; bila terjadi sekali saja mungkin masih dapat dimaklumi, tetapi bila terjadi terus menerus, maka hal ini dapat membuat emosinya naik. Bila terjadi kemarahan, maka persahabatan antara mereka dapat menimbulkan keretakan dan perpecahan persahabatannya. Kita perlu hati-hati dengan kejahilan, karena dapat menyebabkan pertengkaran dan kejahatan.

Marilah kita memperhatikan orang-orang di sekitar kita, agar mereka dapat menjadi sahabat kita, dan janganlah melakukan kejahilan pada siapa pun ...

Tidak ada komentar: