Jumat, 04 Juni 2010

Kemampuan Meningkat = Mengatasi Masalah [SKDAG576]

Masalah yang terjadi berulang-ulang menunjukkan bahwa kita berhenti bertumbuh, kemampuan kita tidak meningkat (Bambang Nur)

Manusia memiliki otak, yang dapat digunakan untuk berpikir, menganalisis, memecahkan masalah, dan lain-lain. Jadi saat kita menghadapi suatu masalah, maka pikiran kita akan digunakan untuk mencari solusi dari masalah tersebut. Bila masalah tersebut telah dapat diselesaikan berarti kita telah memiliki pengalaman dan pengetahuan baru untuk memecahkan masalah yang seperti itu; artinya kita pun mengalami pertumbuhan dari segi keterampilan dan pengetahuan.

Tetapi bila ada orang yang tidak dapat menyelesaikan masalah sama yang berulang-ulang terus muncul dalam kehidupannya, maka berarti ia tidak pernah belajar untuk menyelesaikan masalah tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan orang itu tidak meningkat, ia telah berhenti bertumbuh, artinya ia telah puas dengan kondisi seperti sekarang ini.

Untuk itu sebagai manusia kita tidak boleh cepat berpuas diri, tetapi mau terus belajar dan belajar lagi, serta tentu saja tidak lupa untuk berserah diri kepada Tuhan. Kita harus menyadari bahwa lingkungan di sekitar kita terus mengalami perubahan, sehingga bila kita tidak berubah maka kita yang akan terlindas oleh kemajuan jaman tersebut.

1 komentar:

Fanny Santoso mengatakan...

Untuk itu janganlah khawatir dengan masalah yang sedang menghadapi kita. Yakin dan percayalah akan kuasa dan pertolongan Tuhan, karena kekhawatiran dapat membunuh iman serta menghalangi kuasa dan mujizat Tuhan.

Betul, banyak orang yang tidak mau berubah. Tetapi perubahan tidak dapat dihindari, setiap orang harus menghadapinya. Orang yang tidak mau mengikuti perubahan tidak akan mencapai potensi mereka.

Makasih yah pa, GBU.