Selasa, 08 Juni 2010

Manfaat Kekuasaan [SKDAG578]

Tanpa kekuasaan kita menjadi tidak berdaya, tetapi bila kekuasaan digunakan berlebihan membuat mata kita tertutup dan tidak mau mendengar pendapat orang lain (DAG)

Banyak orang mengatakan bahwa power atau kekuasaan itu bersifat negatif. Saya tidak setuju dengan pendapat tersebut, karena menurut saya kekuasaan itu bersifat netral. Tanpa kekuasaan, kita tidak dapat berbuat apa-apa; semuanya tetap merupakan ide, karena kita tidak memiliki kekuasaan atau otoritas untuk melaksanakan ide tersebut. Dengan memiliki kekuasaan, maka kita dapat memerintahkan orang lain untuk mewujudkan ide kita secara kreatif untuk kepentingan orang banyak.

Di sisi lain, bila kekuasaan itu digunakan secara berlebihan, maka hal ini memang tidak baik, karena kekuasaan ini dapat dimanfaatkan oleh si penguasa untuk bertindak semena-mena tanpa memikirkan kebutuhan orang lain. Jadi bila kekuasaan digunakan hanya untuk memuaskan diri sendiri, maka kekuasaan ini menjadi tidak berarti lagi; kita menjadi buta dan tuli, karena dengan kekuasaan kita tidak mau mendengar pendapat orang lain. Jelas hal ini sangat berbahaya bagi penguasa, karena dalam hal ini ia hanya mementingkan egonya, tetapi tidak mau peduli terhadap kebutuhan orang lain, terutama anak buahnya sendiri.

Jadi kekuasaan itu kita butuhkan, tetapi setelah memilikinya, perlu diseimbangkan dengan kedewasaan mental dan kematangan rohani, sehingga kita dapat menggunakan semua hal tersebut secara bijaksana demi kepentingan orang banyak. Amin!

Tidak ada komentar: