Kamis, 03 Maret 2011

Ubah Fokus! [SKDAG696]

Matahari bersinar, menghangati, dan menerangi kita, tetapi kita tidak pernah bertanya dan memperhatikannya. Perhatian kita hanya pada kejahatan, sakit, kelaparan, dan lain-lain. (Ralph Waldo Emerson)

Pikiran kita lebih sering diarahkan untuk memperhatikan berbagai hal negatif yang pernah atau sedang kita hadapi saat ini, misalnya rasa lapar, penyakit, kekecewaan, dan lain-lain. Apa manfaat dan keuntungan yang kita peroleh? Jelas tidak ada manfaatnya, malahan kita menjadi semakin kecewa dan putus asa.

Syukurilah semua yang telah kita alami, dan mari kita lihat ke sekeliling kita … Ternyata banyak orang yang jauh lebih menderita dari kita, tetapi mengapa mereka kok tenang-tenang saja, sedangkan kita sudah seperti cacing kepanasan? Nah … janganlah terlalu menyalahkan atau menyesali diri sendiri, tetapi marilah kita belajar bersyukur terhaap berbagai hal yang telah kita alami. Bersyukurlah saat kita sakit, karena sekarang kita memiliki waktu untuk beristirahat dan berkumpul bersama keluarga.

Kalau kita masih belum dapat bersyukur, marilah kita belajar untuk mengalihkan fokus pikiran kita dari pikiran negatif ke berbagai hal positif. Perhatikanlah alam yang indah, matari yang bersinar terang, anak-anak kecil yang bermain dengan suka cita. Dengan mengubah fokus, maka kita pun mengubah pola pikir, sehingga perasaan kita pun berubah. Buat apa susah? … marilah ubah fokus dan bersyukur dalam segala hal.

Tidak ada komentar: