Senin, 28 Maret 2011

Procastination [SKDAG271]

Menunda-nunda pekerjaan berarti tidak mampu meraih impian. Lakukanlah pekerjaan penting sesegera mungkin sebelum ia menjadi urgent. Bila sudah urgent maka hasilnya tidak akan maksimal.

Procastination merupakan suatu kebiasaan untuk menunda-nunda pekerjaan. Saat suatu tugas penting masih satu bulan lagi, Anda menundanya karena masih lama; saat tinggal seminggu lagi, Anda berpikir masih tujuh hari lagi, saat besok tugas harus diselesaikan, Anda berpikir masih 24 jam lagi, dan mungkin saat tinggal beberapa jam barulah Anda mengerjakannya. Saat itu pekerjaan tersebut telah menjadi mendesak / urgent. Bagimana hasilnya? Pasti tidak optimal, karena tugas tersebut dilakukan dengan waktu yang relatif singkat, sehingga jelas kualitasnya dikorbankan.

Untuk mencapai hasil terbaik kita perlu mengatasi dan membuang sifat suka menunda-nuda pekerjaan, karena bila kita ingin melakukan manajemen waktu dengan baik, maka kita perlu melakukan tugas penting sebelum menjadi mendesak. Hal ini membuat kualitas pekerjaan menjadi jauh lebih baik karena bila kita merasa belum puas, maka kita dapat memperbaikinya lagi, Selain itu setelah tugas pertama selesai, maka kita pun masih memiliki banyak waktu untuk menyelesaikan tugas-tugas selanjutnya.

Jadi untuk menyelesaikan tugas, lakukanlah prioritas. Utamakan tugas-tugas yang penting dan segera selesaikannya secara optimal tanpa menunda-nunda lagi; jangan biarkan tugas penting menjadi mendesak. Sedangkan untuk tugas-tugas yang tidak penting, biarkan mereka menunggu, kita dapat menunda mengerjakannya setelah tugas yang penting selesai.

Tidak ada komentar: