Minggu, 06 Maret 2011

Belajar dari Kesalahan Orang Lain! [SKDAG697]

Belajarlah dari kesalahan orang lain. Anda tak dapat hidup cukup lama untuk melakukan semua kesalahan itu sendiri (Martin Vanbee).

Banyak cara untuk meningkatkan diri; salah satunya adalah dengan terus belajar untuk mengasah diri. Belajar tentu saja dapat dilakukan dengan banyak cara, misalnya belajar formal di sekolah, belajar sendiri melalui buku, pengamatan, dan bertanya kepada orang lain. Banyak hal yang dapat kita pelajari, misalnya keterampilan, pengetahuan, termasuk sifat dan karakter dari orang-orang yang telah terbukti berhasil dalam hidupnya.

Tetapi jangan lupa, kita pun perlu belajar dari kesalahan yang telah dilakukan orang lain; kita tidak perlu mengulang kesalahan yang sama, karena hal ini hanya membuang-buang waktu dan sumber daya lainnya. Jadikanlah pengalaman orang lain, dan juga pengalaman kita sendiri, sebagai guru yang paling berharga.

Kegagalan dan kesuksesan orang lain, perlu kita analisis untuk mencari penyebab utamanya. Penyebab kegagalan perlu kita buang, sedangkan penyebab kesuksesan perlu kita modelkan dan kita gunakan kembali untuk mengulang kesuksesan tersebut. Jadi, marilah kita manfaatkan semua keberhasilan maupun kegagalan yang telah kita alami, karena semua memiliki dampak positif.

Tidak ada komentar: