Rabu, 09 Maret 2011

Hanya Allah yang Sempurna [SKDAG265]

Tuhan tidak meminta agar kita mencari kekuatan dan kesempurnaan hikmat dari diri sendiri tetapi Ia ingin kita percaya pada kesempurnaan dan kekuatan-Nya. Amin.

Manusia memang ciptaan Tuhan yang terbaik, jauh di atas kemampuan mahluk ciptaan Tuhan yang lainnya. Manusia memiliki akal untuk berpikir dan mencari solusi, serta hati nurani yang berguna untuk menentukan benar atau salah dan untuk mengasihi. Dengan akal dan hatinya, manusia dapat membuat karya yang luar biasa, serta dapat mengembangkan diri dan kemampuannya secara optimal.

Tetapi kemampuan manusia itu ada batasnya, karena itu kita perlu menyadari bahwa masih ada kekuatan atau kuasa lain yang melebihi kemampuan manusia, yaitu kekuasaan dari Tuhan sendiri yang sungguh tidak terbatas. Kita membutuhkan kuasa dan penyertaan Tuhan untuk menyelesaikan semua permasalahan yang kita hadapi.

Saat kita menghadapi masalah, memang kita perlu berusaha semaksimal mungkin dengan mengerahkan seluruh daya upaya; artinya kita tidak boleh menyerah. Tetapi di sisi lain kita pun perlu berserah pada Tuhan, artinya kita percaya bahwa Tuhan memiliki rencana yang jauh lebih besar dan lebih indah dibandingkan dengan rencana manusia.

Percayalah pada Tuhan, maka semuanya menjadi pulih dan lancar kembali, tetapi tentu saja sesuai dengan kehendak-Nya, bukan menurut kehendak kita. Tugas kita adalah berusaha semaksimal mungkin, dan setelah itu menyerahkan hasilnya kepada Tuhan.

Tidak ada komentar: