Rabu, 23 Maret 2011

Lakukan untuk Orang Lain [SKDAG269]

Yang kita lakukan untuk diri sendiri akan mati bersama kita dan dilupakan orang. Yang kita lakukan bagi orang lain dan dunia akan tetap ada/abadi (Albert Pike).

Sebagai manusia, jelas kita ingin memberikan yang terbaik kepada diri kita sendiri dan juga kepada keluarga kita. Kita ingin berpenampilan menarik, memberi pendidikan terbaik bagi anak-anak kita, memberi kenyamanan bagi keluarga, dan lain-lain. Tetapi semua yang telah kita lakukan ini hanya bermanfaat kepada orang-orang di sekeliling kita, yang jumlahnya pun relatif tidak banyak; mereka adalah memang orang-orang yang kita kasihi.

Sekarang marilah kita memperluas dampak dari perbuatan baik yang kita lakukan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara melakukan perbuatan penuh kasih kepada orang-orang lain di sekeliling kita, mulai dari teman-teman, keluarga jauh, lalu ke orang-orang yang mungkin secara pribadi tidak kita kenal, bahkan juga kepada musuh kita. Caranya adalah dengan memberi bantuan, baik berupa materi maupun moril, kepada mereka yang membutuhkannya. Lakukanlah semuanya dengan tulus tanpa mengharapkan balas jasa apa pun.

Percayalah kini perbuatan kita, telah dirasakan banyak orang, dan mereka mengingatnya secara luar biasa, karena yang telah kita lakukan itu memberikan dampak luar biasa kepada mereka. Jadi marilah kita mulai melakukan tindakan kasih kepada orang lain dan dunia, sehingga mereka pun merasakan dampaknya secara luar biasa.

Tidak ada komentar: