Senin, 07 Maret 2011

Makna Berbuat Salah … [SKDAG264]

Sukses berasal dari keputusan baik, hasil penilaian tepat berdasarkan pengalaman masa lalu. Dalam pengalaman terdapat kesalahan; jadi sukses sama dengan kesalahan, so jangan takut berbuat salah.

Sukses bukan hasil proses instant, yang dapat terjadi saat kita menginginkannya. Untuk meraih kesuksesan banyak hal yang harus kita lakukan, misalnya persiapan yang baik, sumber daya yang mendukung, keputusan yang tepat, dan berbagai faktor lain yang kebanyakan berada di luar kendali kita. Sukses merupakan hasil dari suatu proses; banyak pengalaman yang harus kita lalui untuk meraihnya. Ada pengalaman yang menyenangkan, tetapi tidak sedikit juga pengalaman yang menyakitkan, misalnya kegagalan dan kekecewaan.

Semua pengalaman tersebut merupakan guru yang berharga, kita perlu menganalisisnya secara mendalam dan menjadi bahan pegangan untuk melangkah ke masa depan. Kesalahan atau kegagalan jangan hanya disesali, tetapi kita perlu menggali penyebabnya, sehingga tidak mengulangi lagi dan memperoleh makna bagi keberhasilan masa depan.

Saat kita menghadapi suatu masalah, maka kita perlu keberanian untuk mengambil keputusan dan melakukan hal tersebut. Bila kita tidak pernah melakukannya maka kita tidak pernah belajar apa pun, sedangkan bila kita telah melakukan, maka kita mendapat pengalaman dan telah memiliki suatu proses belajar. Jadi … kita perlu berani melakukan tindakan dengan penuh persiapan; jangan takut untuk berbuat salah, karena di balik itu ada jalan menuju sukses.

Tidak ada komentar: