Kamis, 21 Januari 2010

Terus Belajar … [SKDAG507]

Di atas batas yang kita pahami selalu ada batasan yang baru. Hidup adalah melompati batasan-batasan tersebut dan terus belajar dari tiap lompatannya.

Tidak ada sempurna di dunia ini dan juga tidak ada yang tetap; yang tetap ada hanyalah perubahan, karena perubahan itu terjadi terus menerus. Apa yang terjadi bila dunia berubah sedangkan diri kita tetap? Jelas kita akan ketinggalan jaman dan kalah bersaing dibandingkan dengan orang lain yang telah meningkatkan dirinya. Untuk menghadapi perubahan yang terjadi tersebut, maka kita perlu untuk terus belajar dalam segala hal dan terus meningkatkan diri dengan berbagai ketrampilan, ilmu, pengetahuan, teknologi dan lain-lain.

Dengan terus belajar dan meningkatkan diri maka sekarang kita telah memiliki kemampuan untuk mengatasi suatu persoalan tertentu. Bila ada persoalan yang lain, maka kita belajar lagi dari pengalaman dll., sehingga nanti kembali dapat mengatasi hal tersebut. Hal inilah yang dikenal dengan prinsip continuous improvement dalam konsep TQM (Total Quality Management).

Jadi dalam menjalankan hidup ini kita harus memiliki ambisi (tentu saja yang positip), yang akan membawa kita ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Untuk mewujudkan ambisi tersebut kita perlu terus meningkatkan kualitas diri kita. Amin.

Tidak ada komentar: