Minggu, 24 Januari 2010

Kebahagiaan di Dalam Diri Sendiri [SKDAG509]

Tidak mudah menemukan kebahagiaan di dalam diri kita sendiri, dan tidak mungkin menemukannya di tempat lain (Agnes Repplier).

Saya bahagia bila mendapat uang Rp. 1 Miliar, saya bahagia bila mendapat pujian, dan berbagai syarat lainnya untuk menjadi bahagia. Bila demikian berarti sumber kebahagiaan anda berada di luar diri, dan tergantung pada berbagai situasi atau kondisi tertentu. Tentu saja hal ini mengakibatkan anda tidak menemukan kebahagiaan sejati, karena saat dipuji bahagia, tetapi bila tidak ada yang memuji kita menjadi murung dan sedih.

Kebahagiaan sejati itu berada di dalam diri kita sendiri, tidak tergantung dari berbagai hal yang berada di luar kita. Diri kita sendiri yang menentukan kebahagiaan itu, walaupun mungkin karya kita tidak mendapat pujian, tetapi kita tetap bahagia karena tahu bahwa karya tersebut merupakan karya terbaik kita selama ini.

Jadi temukanlah kebahagiaan sejati di dalam diri kita sendiri, bila kita mencarinya di luar maka kita tidak akan menemukan kebahagiaan sejati.

Tidak ada komentar: