Senin, 18 Januari 2010

Bos versus Leader [SKDAG504]


Bos berkata 'I', ditakuti staf, tahu apa yang harus dilakukan dan memberi hukuman.
Leader berkata 'We', menginspirasi staf, tahu bagaimana melakukan dan memberi keberanian.


Bos adalah jabatan structural yang ada di perusahaan, sehingga ia memiliki anak buah yang harus dimanagenya. Bos ini adalah seorang manajer. Sedangkan seorang Leader (pemimpin) mungkin tidak memiliki jabatan tertentu, tetapi ia memiliki anak buah, yang mematuhinya dan menaruh hormat padanya.

Tidak semua Bos di perusahaan sekaligus menjadi Leader. Hal ini terjadi karena ia terlalu mementingkan diri sendiri, terlalu menguasai anak buah tetapi tidak mau mendengar masukan dari anak buahnya. Yang ada di kepalanya adalah bagaimana agar target perusahaan dapat dicapai dengan baik, sehingga ia tidak mementingkan hubungan manusiawi dengan anak buahnya. Bagi si Bos, anak buah adalah objek yang harus diperintah dan digunakan untuk mencapai target tersebut.

Sedangkan seorang Leader yang baik sangat memperhatikan anak buahnya, semua tindakan digunakan untuk kepentingan bersama, bukan untuk diri pribadi. Ia juga merupakan teladan bagi anak buahnya, sehingga mereka semua terinspirasi oleh kata-kata atau tindakannya sehingga berani dan mau melakukan perintahnya.

Marilah kita membentuk diri kita menjadi seorang Leader yang hebat dengan mulai belajar memimpin diri sendiri !

Tidak ada komentar: