Jumat, 15 Januari 2010

Manfaat Kerja [SKDAG81]

Kerja menjauhkan kita dari tiga keburukan: kebosanan, kejahatan, dan kemiskinan (Voltaire).
Kunci yang dipakai selalu mengkilat (Benyamin Franklin).


Untuk apa kita bekerja? Apakah agar kita memperoleh uang? Ternyata memperoleh uang dan menjadi kaya hanyalah salah satu tujuan bekerja, tetapi masih ada tujuan lainnya. Dengan bekerja, kita dapat mengatasi tiga hal, yaitu kebosanan, kejahatan, dan kemiskinan. Dengan bekerja kita akan memperoleh penghasilan yang membuat kita menjadi tidak miskin. Setelah memiliki harta kekayaan maka kita dapat hidup layak sehingga tidak terlintas lagi keinginan untuk melakukan kejahatan karena semua kebutuhan hidup telah terpenuhi.

Selain itu di sisi lain juga pekerjaan membuat kita mengatasi kebosanan, dengan melakukan sesuatu yang baru atau yang bervariasi maka kita akan terlepas dari kebosanan. Bila manusia melakukan pekerjaan yang rutin terus menerus maka pasti akan dihinggapi kebosanan, karena manusia itu bukan robot. Untuk itu kita perlu melakukan inovasi dan terus berkreasi dalam pekerjaan kita agar kita dapat melakukannya dengan lebih baik sehingga memberikan hasil yang juga lebih baik.

Dengan bekerja kita juga melatih otak, pikiran, dan tubuh kita sehingga otak dan pikiran kita menjadi semakin tajam terasah dan tubuh kita menjadi sehat. Bagaimana bila ketiganya tidak dipakai? Pasti akan ‘berkarat’ kan? Karena itu marilah kita nikmati pekerjaan kita karena semua itu sangat bermanfaat untuk kita. Nikmati dan bersyukurlah atas pekerjaan kita dan lakukan semua dengan sepenuh hati. Pekerjaan juga akan semakin bermanfaat bila juga memberikan dampak positip bagi banyak orang lain.

Tidak ada komentar: