Selasa, 19 Januari 2010

Sekolah Kehidupan Utama [SKDAG82]

Keluarga adalah sekolah kehidupan dan cinta kasih pertama untuk anak-anak kita. Segala yang tidak terpenuhi dalam keluarga tidak mungkin didapat di tempat lain. Ingat anak adalah titipan Tuhan.

Dimanakah diri kita dibentuk? Di sekolah atau di masyarakat ? ya keduanya memang membentuk diri kita, tetapi bukan yang pertama dan yang utama. Kita dibentuk pertama kali di dalam keluarga; semua yang kita terima sejak dalam kandungan sampai usia sekitar lima tahun merupakan hal yang paling utama. Semua pelajaran – berupa nilai-nilai dan budaya – akan tersimpan di dalam otak kita dan menjadi pedoman serta pegangan sepanjang hidup kita.

Bila anak-anak menerima cinta kasih dalam keluarga, maka pastilah anak tersebut tumbuh menjadi anak yang penuh kasih juga dan memperhatikan sesamanya. Tetapi bila seorang anak tumbuh dalam keluarga yang retak, penuh pertengkaran dan kebencian, maka pastilah sesudah besar anak itu pun sulit untuk mengasihi orang lain, karena ia telah menderita luka batin.

Anak-anak yang tidak mendapatkan cinta kasih dalam keluarga akan mencarinya di tempat lain; ia bergaul dengan teman-teman yang tidak benar, mengalami hidup bebas, free sex, narkoba, dan melakukan kejahatan untuk mencari kepuasan dan cinta kasih yang dulu tidak pernah diperolehnya. Tetapi jelas ia juga tidak akan mendapatkan cinta kasih yang real di tempat lain selain dalam keluarga sendiri.

Karena itu marilah kita mendidik anak kita dengan benar dan sungguh-sungguh agar kita tidak menyesal di kemudian hari. Ingatlah anak-anak itu adalah titipan Tuhan kepada kita para orang tuanya.

Tidak ada komentar: