Kamis, 01 April 2010

Manfaatkan Masa Lalu [SKDAG545]

Manfaatkanlah masa lalumu sebagai papan loncat atau papan seluncur, bukan sofa yang membuatmu mendengkur (H. Wayne Huizenga).

Semua yang terjadi pada masa lalu hanyalah kenangan, kita tidak mengubah atau mengulanginya lagi. Jadi janganlah terus memikirkan kegagalan pada masa lalu, tetapi jadikanlah itu sebagai pelajaran atau pengalaman, agar kita tidak mengulanginya lagi pada masa medatang. Hal yang sama perlu kita lakukan terhadap keberhasilan masa lalu; janganlah kita terus terpesona dan hidup dalam bayang-bayang tersebut. Keberhasilan tersebut telal berlalu, yang perlu kita lakukan adalah mengambil pelajaran dari keberhasilan tersebut, dan mari kita ulangi lagi- tentu saja dengan berbagai penyesuaian – agar kita pun dapat memetik kembali keberhasilan yang serupa.

Pengalaman masa lalu cukup dijadikan sebagai bahan refleksi bagi kita secara pribadi; lakukan evaluasi mengenai peristiwa tersebut, lalu ambil hikmah positifnya. Kemudian gunakan hal positif tersebut untuk terus memperbaiki diri dan persiapan bagi masa depan kita.

Jangan lupa juga untuk menggunakan semua potensi pada diri kita yang merupakan akumulasi dari proses belajar sepanjang hidup sejak kita lahir. Gunakan keterampilan dan pengetahuan yang kita miliki, kebijakan yang kita peroleh dari pengalaman, dan berbagai hal lainnya yang positif untuk meraih masa depan yang gemilang.

Tidak ada komentar: