Minggu, 04 April 2010

The Power of Planning [SKDAG112]

Rencanakan pekerjaanmu dan kerjakan rencanamu.
Tanpa sistem kamu akan tertimbun pekerjaan.
Jangan coba melakukan semua pekerjaan serentak, karena waktu terentang untukmu.


Untuk memulai suatu pekerjaan kita harus menentukan target terlebih dahulu, yang dapat diperoleh melalui hasil forecast (peramalan). Berdasarkan target yang sudah ada barulah kita membuat perencanaan (planning), karena tanpa perencanaan, pekerjaan yang kita lakukan menjadi tidak terarah. Jadi langkah awal yang harus dilakukan adalah “rencanakan pekerjaanmu!”.

Tetapi langkah awal tersebut masih di atas kertas, kita harus mewujudkannya dengan melakukan action; tanpa itu semuanya tidak akan pernah terwujud. Jadi langkah berikutnya yang harus kita lakukan adalah “kerjakan rencanamu!”.

Dalam melaksanakan pekerjaan kita pun membutuhkan suatu sistem atau prosedur yang membuat kita dapat menyelesaikan pekerjaan tersebut tanpa tergantung pada satu orang tertentu. Bila orang tersebut tidak masuk atau berhalangan hadir, pekerjaan di tempat kita tetap dapat terlaksana tanpa masalah apa pun.

Pekerjaan akan terselesaikan dengan baik bila kita fokus pada hal tersebut; janganlah terpecah dua dengan pekerjaan lain pada saat yang sama. Misalnya pada saat makan bersama keluarga, hendaknya tidak ada yang membawa koran atau buku untuk dibaca, atau sambil menonton televisi, karena makanan yang ada tidak dapat kita nikmati sepenuhnya dan komunikasi di meja makan pun tidak berlangsung dengan baik. Dengan fokus, maka hasil pekerjaan menjadi lebih baik dibandingkan dengan melakukan dua pekerjaan atau lebih pada saat yang sama. Kuncinya adalah bagaimana kita menggunakan waktu secara efisien dan efektif. Amin!

Tidak ada komentar: