Jumat, 18 Mei 2012

Respect please… [SKDAG865]


Saat kita mulai sibuk membicarakan hal negatif tentang orang lain, berarti sedang terjadi kemunduran mental pada diri kita (Ursula Erna).

Hargailah orang lain, maka Andapun akan dihargai. Bila kita tidak menghargai orang lain, maka orang lain pun sulit untuk menghargai kita, dan bila kita membenci orang lain, maka bukan tidak mungkin banyak orang juga yang membenci kita.  Setiap perbuatan negatif yang kita lakukan memberikan dampak negatif dari luar (orang lain) kepada diri kita, tetapi yang lebih berbahaya adalah bahwa dari dalam diri kita pun sendiri ada efek negatifnya, misalnya kita menjadi suka meremehkan orang lain dan sombong.

Semua merupakan prinsip tanam – tuai atau hukum sebab akibat, semua yang kita tanam akan kita tuai. Daripada menanam yang negatif dan tidak berguna, marilah kita menanam yang positif dan bermanfaat, sehingga pada akhirnya kita mendapatkan dampak yang menyenangkan.

Saat kita mulai sibuk membicarakan berbagai hal negatif tentang orang lain, maka sebenarnya saat itu kita sedang mengalami kemunduran mental, karena kita sendiri menyia-nyiakan waktu dan potensi diri kita untuk hal yang berguna.; dampak hal negatif yang kita bahas membuat pikiran kita pun terpengaruh. Bukankah bila kita manfaatkan untuk hal yang positif, maka kita pasti mendapatkan kemajuan baik dari segi mental, maupun keberhasilan sesungguhnya yang akan kita raih.

Tidak ada komentar: