Minggu, 06 Mei 2012

Menerima Ketidaksetujuan Orang Lain [SKDAG860]

Anda tidak perlu memenangkan semua argumentasi. Marilah kita menerima ketidaksetujuan orang lain.

Setiap manusia memiliki keterbatasan; mungkin ia ahli dalam suatu bidang, tetapi dalam bidang lainnya ia membutuhkan bantuan atau pendapat orang lain. Kita perlu memiliki kerendahan hati untuk menerima masukan dari orang lain dan menyadari kekurangan yang ada pada dirinya.

Dalam bekerjasama dengan orang lain, kita tidak perlu memaksa semua orang untuk menyetujui pendapat kita saja, karena mungkin saja pendapat mereka pun luar biasa dan merupakan solusi untuk masalah yang sedang kita hadapi. Melakukan argumentasi dalam suatu masalah penting untuk dilakukan, tetapi kita tidak perlu memenangkan setiap argumentasi, karena tujuannya adalah mencari solusi untuk menyelesaikan masalah, bukan untuk menjatuhkan orang lain.

Untuk itu kita tidak perlu malu untuk berbesar hati dan mau menerima pendapat orang lain, karena mungkin saja pendapatnya yang benar. Kita perlu selalu berpikir positif dan tidak melakukan tindakan penghakiman sepihak; hal inilah yang memberi makna terhadap suatu kerjasama untuk meraih keberhasilan.

Tidak ada komentar: