Rabu, 02 Mei 2012

Pemecahan Masalah [SKDAG858]


Payung tidak dapat menghentikan hujan, tetapi ia membuat kita berjalan menembusnya. Iman tidak dapat menghentikan masalah,tetapi memberi kita kekuatan untuk melewati masa tersulit sekalipun.

Apa yang dapat Anda lakukan bila pada saat ingin pergi untuk suatu urusan yang penting, ternyata hujan turun? Tentu bukan dengan menghentikan hujan, walaupun hal ini bukan suatu hal mustahil untuk orang percaya, karena kita dapat memohonnya pada Tuhan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda cukup mengambil payung atau jas hujan, lalu berangkat menerobos hujan tersebut. Jadi masalah, yaitu hujan, tetap berlangsung, tetapi tujuan kita untuk menyelesaikan urusan penting tetap dapat kita lakukan.

Dalam menyelesaikan masalah, yang penting kita tetap berfokus pada tujuan yang ingin kita capai dan bagaimana mewujudkannya. Kita perlu berpikiri ‘how’ untuk melakukan hal ini, bukan berpikir ‘why’ yang berfokus pada masalah  (misalnya dengan berpikir “Mengapa hujan turun?”). Berpikir ‘why’ tidak membuat kita mencapai tujuan, bahkan yang muncul adalah ‘kambing hitam’.

Secara rohani, hal ini dapat kita terapkan dengan memiliki iman yang sungguh percaya pada Tuhan. Orang beriman pun tetap memiliki masalah, tetapi ia memiliki jalan untuk menyelesaikan masalah yang tersulit sekalipun, yaitu dengan menyerahkannya ke tangan Tuhan dan memohon bantuan-Nya. Masalah memang tidak dapat ditiadakan dengan iman, tetapi iman membuat kita memiliki kekuatan untuk melalui masalah tersulit. Amin.

Tidak ada komentar: