Kamis, 10 Mei 2012

Bersyukur pada Saat Sulit [SKDAG862]


Syukur bukan hanya untuk kebaikan atau sukacita yang kita terima, tetapi juga atas setiap kesulitan yang kita alami (DAG).


Pada saat bahagia, sehat, dan mendapatkan rejeki, sangat mudah, karena saat itu memang suasana hati kita sedang positif. Tetapi apa yang dapat kita lakukan pada saat kita sedang menghadapi kesulitan? Sebagian besar di antara kita banyak yang kecewa pada Tuhan, melupakan, bahkan meninggalkan-Nya. Padahal sebenarnya kita telah menerima banyak dari Tuhan, yang nilainya juga sangat besar, tetapi mengapa saat kita merasa kecewa kita marah kepada-Nya. Apakah saat itu Tuhan meninggalkan kita? Tidak, Tuhan tidak pernah meninggalkan umat-Nya, Dia selalu setia bersama kita. Bukan Dia yang meninggalkan kita, tetapi kita yang meninggalkan-Nya.

Bagaimanakah agar kita dapat bersyukur pada saat sulit? Pada setiap peristiwa yang terjadi sebenarnya tetap ada unsur positifnya, nah … lihatlah hal tersebut, bukan hal yang negatif. Misalnya saat anak Anda tidak naik kelas, maka sebagai orang tua tentu kita kecewa. Anda tentu saja bisa marah kepada si anak, gurunya, atau teman-temannya. Sekarang marilah kita lihat apa yang terjadi bila anak Anda yang tidak pernah belajar, tetapi selalu naik kelas. Walaupun dia nanti lulus, tetapi tidak ada pengertian dan manfaat dari pengetahuan selama ia sekolah. Hal ini tentu sangat merugikan bagi si anak.

Sekarang memang dia tidak naik kelas, tetapi lihatlah dari hal positif; pengalaman tidak naik kelas, walaupun pahit, dapat menjadi pelajaran bagi si anak, agar ia belajar lebih rajin pada tahun berikutnya. Dan ini pun menjadi pelajaran buat Anda sebagai orang tua, yang selama ini mungkin kurang memperhatikan anak Anda; nah syukurilah peristiwa tersebut karena menjadi titik balik agar Anda berubah sehingga dapat lebih memperhatikan dan membina hubungan yang baik dengan si anak.

Jadi lihatlah hal positif dari setiap peristiwa, dan marilah kita belajar bersyukur atas hal tersebut. Tuhan tidak pernah membuat rancangan kecelakaan buat kita, umat yang dikasihi-Nya; rancangan-Nya selalu indah dan terjadi tepat pada waktunya, karena itu marilah kita selalu bersyukur dalam segala hal. Amin.

Tidak ada komentar: