Kamis, 03 Mei 2012

Ambil Tanggung Jawab! [SKDAG859]


Anda tidak dapat lari dari tanggungjawab hari esok dengan menghindarinya pada hari ini (Abraham Lincoln).

Suatu kewajiban merupakan tugas yang mau tidak mau harus kita laksanakan, tidak peduli waktunya, sekarang atau pun besok. Menunda kewajiban tidak berarti membuat kita dapat menghindari untuk melakukannya.

Bila kita menunda pekerjaan sekarang, maka kita tetap berkewajiban untuk melaksanakannya besok, lusa, minggu depan, atau kapan pun. Malahan bila pekerjaan tersebut ditunda, mungkin malahan menjadi beban yang semakin hari semakin berat. Pekerjaan adalah salah satu bentuk tanggungjawab atau kewajiban yang perlu kita lakukan.

Tentu saja dalam melakukannya, kita perlu melakukan dengan sepenuh hati. Gunakanlah salah satu prinsip TQM (Total Quality Management), yaitu ‘do it right the first time’; lakukanlah dengan benar sejak awal, bukan secara asal-asalan. Banyak orang yang berprinsip saya lakukan secukupnya dulu saja, nanti bila perlu saya akan perbaiki atau sempurnakan. Mengapa kita perlu menundanya? Lakukanlah sekarang juga dengan prinsip sebaik mungkin.

Marilah kita lakukan semua yang menjadi tanggungjawab kita sekarang juga, tanpa perlu menunda lagi. Dengan memberikan yang terbaik maka kita pun memperoleh yang terbaik. Amin …

Tidak ada komentar: