Selasa, 31 Juli 2012

Makna dari Buah [SKDAG888]


Silakan Anda konsumsi:
Semangka: semangat karena Allah
Pisang: pantang iri, sombong dan angkuh
Anggur: aku memang gemar bersyukur
Cheri: ceria tiap hari.

Untuk hidup sehat, kita perlu banyak makan buah dan sayur. Ada bermacam-macam buah yang memiliki manfaat bagi tubuh kita, misalnya semangka, pisang, anggur, dan cheri. Dalam hal ini, kita tidak akan mempelajari manfaat fisik dari buah tersebut, tetapi kita akan melihat makna rohani yang terdapat dalam nama buah tersebut.

Semangka merupakan singkatan dari ‘semangat karena Allah’. Apakah yang telah kita perbuat bagi Allah dan juga bagi sesama? Rasanya belum banyak, karena kita sering terperangkap oleh ke-‘aku’an, sehingga kurang bersemangat untuk melayani atau membantu Allah dan orang lain. Marilah kita tingkatkan semangat kita untuk hal tersebut karena semua yang kita miliki saat ini berasal dari Allah, jadi marilah kita pakai juga untuk membangun umat yang lainnya.

Pisang memiliki makna ‘pantang iri, sombong, dan angkuh’; bila kita dapat membuat perasaan iri, sombong, dan angkuh, maka kita akan menjadi orang yang rendah hati dan mengasihi sesama. Karena itu pastilah kita menjadi manusia yang dikasihi oleh banyak orang. Anggur bermakna ‘aku gemar bersyukur’; suatu ungkapan yang bagus sekali karena memang kita perlu bersyukur dalam segala hal. Setiap peristiwa yang kita alami, baik menyenangkan atau tidak, dapat kita syukuri, dengan jalan melihat makna positif dari peristiwa tersebut,

Jangan lupa kita pun diminta untuk terus bersukacita; hal ini terdapat dalam buah Cheri, yang mermakna ‘ceria setiap hari’. Tentu saja kita mau untuk terus ceria dan bersukacita sepanjang hari ….

Tidak ada komentar: