Senin, 02 Juli 2012

Evaluasilah Tindakan Anda! [SKDAG879]


Manusia bertindak berdasarkan persepsi dirinya;  untuk mencegah failure yang dapat diperhitungkan sebelumnya, periksa dulu seberapa jauh gap antara persepsi dengan reality (Erna).

Salah satu kelemahan manusia adalah dalam hal penguasaan diri; saat dia sedang emosional, karena marah, kecewa, atau sedih yang berlebihan, maka ia seringkali bertindak tidak berdasarkan rasio atau logika lagi, tetapi semata-mata hanya untuk meluapkan emosinya. Saat itu prinsipnya adalah “bagaimana nanti”, ia tidak memperhitungkan resiko yang akan terjadi akibat tindakannya tersebut. Padahal seharusnya sebelum melakukan suatu tindakan kita perlu mempertimbangkan resiko yang akan terjadi terlebih dahulu, artinya kita menggunakan prinsip “nanti bagaimana”.

Untuk mencegah failure, yaitu resiko yang tidak diinginkan, maka sebaiknya kita membandingkan dulu antara persepsi yang ada dalam diri kita dengan kenyataan yang ada. Misalnya bila ada orang yang memelototi Anda, janganlah segera emosional, sehingga Anda memarahi bahkan memukulnya. Mungkin saja ia terbelalak kepada Anda, karena baju Anda sobek besar di bagian dada, dan ia sebenarnya ingin memberitahu kepada Anda.

Tarik nafas yang panjang, kendalikan emosi, lalu lakukan evaluasi sebelum Anda bertindak. Niscaya … tindakan Anda tidak akan menimbulkan penyesalan di kemudian hari.

Tidak ada komentar: