Kamis, 26 Juli 2012

Bersyukurlah Dalam Segalah Hal …[SKDAG885]

Saat kerjamu tak dihargai, maka kamu sedang belajar KETULUSAN. Saat usahamu dinilai tak penting, maka kamu sedang belajar KEIKHLASAN. Ketika kamu harus membayar biaya yang sebenarnya tidak perlu kamu tanggung, maka saat itu kamu sedang belajar tentang... KEMURAH HATIAN.

Pada saat senang dan bahagia, tentu saja kita dapat bersyukur dengan mudah, tetapi apakah kita tetap dapat bersyukur pada saat sedang mengalami peristiwa yang tidak mengenakkan atau menyedihkan? Hendaknya diri kita tidak dikendalikan oleh peristiwa dari luar, tetapi marilah kita belajar mengendalikan diri dalam diri kita sendiri, dari pikiran dan perasaan kita. Marilah kita menjadi tuan atas diri kita sendiri.

Dalam setiap peristiwa sebenarnya kita selalu dapat melihat hal positif di baliknya. Hal inilah yang membuat kita dengan mudah dapat mengucap syukur atas peristiwa tersebut. Misalnya pada saat kita menderita sakit, kita menyadari bahwa selama ini kita hanya terfokus pada pekerjaa, sehingga kurang memperhatikan kesehatan diri (jarang berolah raga) dan juga kurang memperhatikan keluarga. Pada saat sakit itulah kita diingatkan kembali atas berbagai hal tersebut; hal inilah yang membuat kita dapat bersyukur dengan sakit tersebut.

Demikian juga saat hasil kerja kita tidak dihargai, ternyata saat itu kita belajar ketulusan dan keikhlasan. Saat kita berkurban untuk hal yang tidak perlu, saat itu kita belajar tentang kemurahan hati. Ayo … marilah kita belajar bersyukur dalam segala hal.

Tidak ada komentar: