Sabtu, 21 Juli 2012

Mari Lakukan Kebajikan! [SKDAG884]


Cara terbaik untuk mengalahkan dan mempengaruhi orang adalah dengan melakukan kebajikan (pepatah Cina).

Tangan balas tangan, mata balas mata, dan nyawa balas nyawa; bila hal ini yang terjadi maka tidak akan ada kedamaian di dunia, yang ada hanyalah balas dendam. Kita tidak mungkin mempengaruhi orang yang berlawanan dengan kita bila kita menggunakan kekerasan atau paksaan; dia akan menutup diri dan tidak mau menerima semua hal yang kita tawarkan.

Kekerasan perlu dilawan dengan kelembutan; pernah seorang ibu mengungkapkan pengalamannya dalam hidup bertetangga. Setiap hari si ibu tersebut saat berjumpa dengan tetangganya yang galak dan cerewet, ia selalu tersenyum dan mengucapkan salam kepadanya. Walaupun tetangga yang galak tersebut mengabaikan dan tidak membalas salam serta sapaannya, si ibu tetap saja selalu menyapa dan tersenyum. Ternyata setelah berlangsung beberapa minggu, tetangga yang galak ini pun mulai luluh, ia mulai mau membalas senyuman dan juga sapaan si ibu. Kelemahlembutan si ibu inilah yang menghancurkan kekerasan hati tetangganya.

Jadi marilah kita melakukan berbagai hal yang baik dan kebajikan kepada orang lain, sehingga orang itu pun dapat kita pengaruhi. Artinya kita dapat menanamkan nilai-nilai kebaikan kepada orang tersebut. Bila kita membalas kejahatan dengan kebaikan, maka hal tersebut seperti meletakkan bara api di atas kepala orang tersebut, artinya biarkan orang itu menjadi malu sendiri. Amin … 

Tidak ada komentar: