Minggu, 02 Oktober 2011

Mulai dari yang kecil [SKDAG345]

Tetesan air dapat membentuk kolam, butiran beras dapat memenuhi lumbung.
Lakukan perbuatan baik sekecil apa pun karena ia akan memenuhi hati nuranimu dengan sukacita.

Manusia seringkali menginginkan segala sesuatu secara instant, mendapatkan hasil yang banyak atau besar dalam waktu yang singkat. Padahal umumnya semua hal di dunia terwujud karena adanya proses yang membutuhkan waktu untuk mendapatkan hasil.

Untuk memenuhi kolam, kita perlu mengisinya; walaupun dengan air setetes demi setetes, kita pasti dapat memenuhi kolam tersebut. Memang untuk melakukan hal ini kita membutuhkan ketekunan untuk melakukannya konsisten secara terus menerus, tanpa mengenal lelah dan juga rasa bosan.

Demikian juga dengan perbuatan baik yang kita lakukan; janganlah menunggu untuk melakukan suatu perbuatan baik yang besar atau luar biasa, tetapi mulailah dengan melakukan mulai dari perbuatan baik yang kecil, misalnya dengan membuang sampah pada tempatnya. Bila hal ini kita lakukan terus menerus, maka hati kita pun akan dipenuhi dengan sukacita, apalagi perbuata baik yang kita lakukan memberikan dampak luar biasa bagi orang lain. Demikian juga dalam proses belajar, kita perlu mempelajarinya sedikit demi sedikit, sehingga akhirnya kita menjadi ahli dalam bidang tersebut.

Marilah kita lakukan sekarang juga; jangan menunda lagi untuk berbuat baik mulai dari diri sendiri, mulai dari yang kecil, dan jangan tunda sampai nanti, tetapi lakukan sekarang juga.

Tidak ada komentar: