Jumat, 28 Oktober 2011

Cara Memandang [SKDAG776]


Tidak penting bagaimana orang memandang kita, lebih penting bagaimana kita memandang orang lain, dan yang terpenting bagaimana kita memandang diri sendiri.

Banyak orang yang marah, karena dirinya tidak dipandang atau dipandang sebelah mata oleh orang lain; sebenarnya hal ini memang adalah hak orang itu, walaupun tidak tertutup kemungkinan hal tersebut terjadi karena tindak tanduk dan perbuatan kita sendiri. Daripada memikirkan orang lain, marilah kita melihat kepada diri sendiri terlebih dahulu; kita perlu menghargai setiap orang yang ada di sekeliling kita, karena Tuhan telah menciptakan setiap manusia dengan keunggulan dan keunikan masing-masing. Bila kita memandang rendah orang lain, maka secara tidak langsung sebenarnya kita pun memandang rendah penciptanya.

Tetapi yang paling penting adalah bagaimana kita memandang diri kita sendiri, karena hal inilah yang menentukan masa depan kita. Bila Anda berasumsi bahwa Anda adalah orang yang kurang beruntung, tidak berbakat, dan memiliki banyak kelemahan, maka memang hal tersebutlah yang terjadi dengan diri Anda. Kita perlu menghargai diri kita sendiri, karena kita adalah ciptaan Tuhan yang terbaik; puji, hormati, dan bersyukurlah atas semua yang ada pada kita, dan gunakan semua hal tersebut untuk pertumbuhan dan perkembangan diri kita sendiri.

Bila diri kita dipandang secara positif, maka kita pun dapat dengan mudah untuk menghargai orang lain dan memandang mereka dengan positif. Kemudian janganlah pikirkan sudut pandang orang lain terhadap diri kita. Yang penting marilah kita lakukan yang terbaik saat ini tanpa memedulikan pandangan dan pendapat mereka.

Tidak ada komentar: