Selasa, 04 Oktober 2011

Apa topik pembicaraan kita? [SKDAG772]

Manusia hebat membicarakan berbagai ide, manusia rata-rata membicarakan benda dan harta, sedangkan manusia "kecil" membicarakan manusia lain.

Manusia dikenali dari apa yang dipikirkannya? Semua yang dipikirkan, keluar dalam bentuk perkataan, dan terwujud dalam tindakan. Sekarang kita akan melihat bahwa topik pembicaraan yang sering kita lakukan akan menunjukkan kualitas diri kita.

Orang yang hebat selalu memikirkan berbagai ide, untuk melakukan perubahan dan melangkah lebih maju, sehingga ia memiliki keunggulan dibandingkan dengan orang lain. Manusia rata-rata yang biasa-biasa saja pada umumnya hanya membicarakan benda yang ada di sekitar kita dan juga senang membicarakan harta; harta memang kita butuhkan dalam hidup ini walaupun harta itu bukanlah segala-galanya.

Yang berbahaya adalah bila kita selalu membicarakan orang lain; hal ini membuat kita sering melakukaan gossip, menimbulkan iri hati atau kecemburuan. Manusia tipe ini seringkali tidak puas dengan dirinya sendiri, ia selalu membandingkan dengan orang lain, sehingga membuatnya sulit untuk bersyukur dan energinya habis terpakai hanya untuk membicarakan orang lain, padahal yang dibutuhkan adalah pengembangan dan perbaikan dirinya sendiri.

Nah … untuk menjadi manusia hebat, marilah kita selalu berpikir maju ke depan, munculkan berbagai ide baru, serta tentu saja tidak lupa untuk terus mengembangkan diri dengan cara belajar, belajar, dan terus belajar.

Tidak ada komentar: