Kamis, 09 Agustus 2012

Pola Makan yang Sehat [SKDAG890]


Dalam pedoman hidup sehat, makan pagilah seperti seorang raja, makan sianglah seperti seorang pangeran, dan makan malamlah seperti seorang pengemis.

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat, karena itu agar jiwa kita sehat, maka tubuh kita pun perlu sehat. Banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan tubuh, antara lain asupan yang kita terima, baik makanan, oksigen dan lain-lain. Khusus mengenai pola makan, kita seringkali tidak sarapan atau makan pagi, karena terburu-buru untuk ke kantor atau ke sekolah. Makan siang juga cepat-cepat karena waktu istirahat relatif singkat, dan waktu malam kita baru makan enak untuk melepaskan lelah dan menikmati hidup. Ternyata hal tersebut tidak benar, sesudah makan malam relatif kita tidak memiliki kegiatan berat lain, hanya istirahat. Karena itu asupan hasil makan malam akan tertimbun dalam tubuh dan menjadi lemak; hal ini yang membuat tubuh kita menjadi gemuk.

Pola makan yang baik adalah pada pagi hari makan yang relatif banyak dan bergizi karena kita membutuhkan energi untuk seluruh kegiatan kita pada hari tersebut. Siang hari juga kita boleh makan cukup banyak, tetapi pada malam hari makanlah sedikit, bila perlu tidak makan lagi, agar tidak ada yang tertimbun dalam tubuh kita.

Marilah kita menjalankan hidup sehat dengan mengatur pola makan kita, dan jangan lupa untuk selalu bersyukur atas semua yang telah kita terima.

Tidak ada komentar: