Jumat, 17 Agustus 2012

Berikan yang Berarti [SKDAG893]


Tidak perlu menjadi sempurna untuk disayang, tidak perlu istimewa untuk selalu diingat. Yang terpenting bagaimana kita dapat memberikan sesuatu yang berarti untuk seseorang yang kita sayangi.

Apa yang perlu kita lakukan terhadap orang yang kita sayangi? Ada orangtua yang hanya memberikan uang kepada anaknya, sehingga semua kebutuhan anak akan pakaian, makanan, dan mainan terpenuhi. Ada juga orang tua yang terus menerus mendampingi anaknya dalam setiap kesempatan, karena ia sangat sayang anaknya dan takut ia mengalami bahaya. Dan ada juga orang tua yang ingin memberikan ilmu dan pengetahuan kepada anaknya, sehingga ia mewajibkan anaknya untuk les berbagai hal.

Apakah semuanya dibutuhkan oleh si anak atau orang yang kita sayangi? Belum tentu, karena yang dia butuhkan tidak sama dengan yang kita inginkan. Kita seringkali memberikan yang tidak dibutuhkan oleh orang yang kita sayangi, bahkan mungkin sebenarnya tidak dia sukai juga. Untuk memberi kita perlu memberi yang dia butuhkan, apakah waktu, kasih sayang, dukungan atau yang lainnya? Berikanlah yang berarti, maka hal itu akan diingatnya dan membuat kita disayangnya.

Pemberian kita tidak perlu yang mahal, sempurna, atau istimewa, tetapi pemberian yang dilakukan dengan hati, ada kasih pada saat kita melakukannya, bukan memaksanya. Berikan juga hak untuk menolak, bila dia tidak membutuhkannya, dan kita tidak perlu menjadi sakit hati bila hal tersebut terjadi. Marilah kita membantu atu memberi kepada orang lain tanpa memaksakan kehendak kita, karena hal tersebut sebenanrya bukan suatu pemberian, tetapi suatu pemaksaan.

Tidak ada komentar: