Kamis, 19 Januari 2012

Perkembangan Alami [SKDAG803]

Jika sebuah telur dipecahkan kekuatan dari luar, maka kehidupan di dalam telur akan berakhir, tetapi jika telur dipecahkan kekuatan dari dalam, maka kehidupan baru telah lahir.

Semua kejadian di dunia membutuhkan proses tertentu yang terjadi secara alami, dan semuanya berlangsung dalam waktu tertentu. Misalnya untuk melahirkan bayi, seorang ibu membutuhkan waktu selama sembilan bulan untuk mengandungnya; bila bayi itu lahir sebelum waktunya (prematur), maka dibutuhkan penanganan khusus. Jadi semua membutuhkan waktu tertentu, tidak dapat dipercepat atau diperlambat;biarkan semua berlangsung secara alami maka hasil terbaiklah yang kita dapatkan.

Ternyata banyak proses di dunia yang telah direkayasa manusia dengan menggunakan akal budinya agar mendapatkan hasil yang lebih baik dalam waktu yang lebih singkat. Dalam berbagai teknologi yang dikembangkan manusia memang perlu ditingkatkan sehingga menjadi lebih baik, tetapi proses alam yang diciptakan Tuhan telah sempurna, berlangsung dalam waktu yang tepat. Bila manusia merekayasa hal ini maka yang terjadi adalah bukan menjadi lebih baik tetapi menjadi lebih buruk, bahkan mungkin merusak keseimbangan alam yang terjadi. Misalnya saat manusia membunuhi atau menangkap ular maka tikus merajalela, karena tikus dapat berkembangbiak dengan cepat, sedangkan predatornya, ular, tidak banyak lagi.

Jadi marilah kita biarkan proses alami terjadi sesuai waktu dan rencana Tuhan, misalnya orang tua juga tidak perlu memaksa anak balitanya untuk segera dapat membaca, menulis, bahkan berhitung, padahal usia saat itu adalah saat bermain. Biarkanlah anak-anak pun berkembang secara alami sesuai dengan bakat dan karunia masing-masing; orang tua memang wajib mengarahkan tetapi bukan memaksakan kehendaknya.

Tidak ada komentar: