Minggu, 08 Januari 2012

Akar Masalah … [SKDAG799]

Matahari tidak akan terlihat bersinar bila tidak menyingkirkan payung yang Anda pakai. Lepaskanlah …

Seorang pasien datang ke dokter dengan keluhan :”Dok, kepala saya pusing …”, lalu dokter tersebut dengan tenang memberikan Bodrex, lalu menyuruh pasien itu pulang. Apakah pasien itu langsung sembuh? Mungkin pusingnya hilang selama beberapa jam, tetapi sesudah itu ia sakit kepala kembali. Mungkin pusing di kepalanya disebabkan oleh hal lain yang perlu diteliti lebih jauh; dokter yang teliti akan memeriksa tekanan darahnya atau meminta pasien melakukan pemeriksanaan laboratorium dengan tujuan untuk mendapatkan akar masalah atau penyebab dari pusing yang dideritanya. Dengan mengetahui akar masalah tersebut, maka dokter dapat memberikan diagnosa yang tepat, bukan asal saja.

Dalam kehidupan sehari-hari pun kita memiliki masalah tetapi penyelesaiannya tidak tepat; kita belum mengatasi akar masalahnya. Misalnya saat terjadi pertengkaran antara anak buah kita dalam satu kelompok, maka janganlah menyalahkan atau menghukum salah satu bila kita belum mengetahui. Kita perlu mencari dulu penyebab pertengkaran tersebut sampai ke akarnya dan barulah setelah itu mengambil keputusan yang tepat.

Salah satu cara untuk mendapatkan akar masalah adalah dengan bertanya “mengapa?” sebanyak lima kali; artinya kita bertanya seperti anak kecil “mengapa begini, mengapa begitu?”. Misalnya untuk menganalisis penjualan di sebuah perusahaan yang merugi, dapat ditanyakan “Mengapa perusahaan merugi?”. Bila jawabannya adalah “Karena penjualan menurun”, tanyakan lagi “Mengapa penjualan menurun?”, dan seterusnya sampai mendapatkan penyebab sebenarnya.

Jadi janganlah terburu nafsu untuk mengambil keputusan dan melakukan tindakan sebelum kita mengetahui masalah sebenarnya yang terjadi.

Tidak ada komentar: