Minggu, 30 Juni 2013

Jangan Berlebihan! [SKDAG968]

Sedang benar jangan terlalu bangga, berjalanlah dengan sedikit menunduk.
Sedang salah jangan terlalu risau, berjalanlah dengan sedikit tegak (DAG).

Semua yang kita lakukan dalam hidup ini hendaknya seimbang. Apa yang terjadi bila waktu sekolah kita terlalu banyak main? Mungkin tidak naik kelas. Tetapi apa yang terjadi bila kita terlalu banyak belajar? Mungkin menjadi anak yang kurang gaul dan tidak menikmati masa kanak-kanak sepenuhnya.

Apakah makanan yang paling Anda sukai? Misalnya nasi goreng. Bila saat ini Anda diberi sepiring nasi goreng, pasti Anda melahapnya sampai habis dan mengatakan “enak …”. Bila untuk makan selanjutnya tersedia nasi goreng lagi, mungkin Anda dapat menghabiskannya kembali. Tetapi bila kemudian selama beberapa hari kemudian Anda makan nasi goreng terus, apa yang terjadi? Anda merasa bosan dan nasi goreng itu sekarang menjadi tidak enak lagi.
Jadi jelas kita butuh variasi dalam hidup ini, tidak boleh melebih-lebihkan sesuatu yang kita senangi saat ini, karena kita tetap membutuhkan berbagai hal yang lain.

Demikian juga saat kita bahagia, janganlah kita merayakannya secara berlebihan dan janganlah membuat kita menjadi sombong. Saat kita sedih pun, janganlah terus menerus berduka tanpa henti, karena percayalah bahwa habis gelap akan terbit terang. Kehidupan kita berjalan seperti roda, kadang di atas, kadang di bawah.

Yang penting bagi kita adalah menjaga keseimbangan dalam hidup ini, yang menyangkut berbagai hal, baik kegiatan, pergaulan, hobi yang kita lakukan, dan lain-lain. Dengan adanya keseimbangan maka kita dapat menikmati hidup dengan penuh sukacita dan ucapan syukur. Amin …

Tidak ada komentar: