Kamis, 06 Juni 2013

Utamakan yang Penting [SKDAG964]

Banyak dari kita menghabiskan waktu terlalu banyak pada hal-hal yang mendesak hingga melupakan hal yang penting (Stephen Covey).

Dalam melakukan pengelolaan waktu, banyak orang yang terjebak pada hal-hal yang mendesak (urgent), bukan pada hal-hal yang penting (important) lagi. Hal ini terjadi karena kita sebenarnya tidak memiliki pola pengelolaan waktu yang baik.

Covey mengatakan bahwa kita perlu memusatkan perhatian kita pada hal yang penting sebelum ia menjadi mendesak, artinya kita perlu menyelesaikan masalah penting sedini mungkin, sebelum menjadi mendesak. Kenyataannya sekarang kita mengutamakan untuk menyelesaikan hal-hal penting yang sudah mendesak, sehingga karena keterbatasan waktu jelas hasil yang kita peroleh dari penyelesaian hal tersebut menjadi tidak optimal.

Sedangkan waktu kita yang dipakai untuk menyelesaikan hal-hal tidak penting, baik mendesak maupun tidak, perlu kita kurangi. Contoh kegiatan yang termasuk kategori ini adalah menerima sms atau bbm yang masuk padahal saat itu kita sedang rapat, bermaing games terus menerus, memikirkan hal-hal lain yang tidak produktif, dan lain-lain.

Jadi yang perlu kita lakukan adalah selesaikan seluruh tugas penting sebelum menjadi mendesak, sehingga kita memperoleh hasil yang optimal. Selain itu kita juga perlu untuk meninggalkan hal-hal yang tidak penting.

Tidak ada komentar: