Selasa, 11 Juni 2013

Mengatasi Niat dan Prilaku Negatif [SKDAG965]

Kembangkanlah kasih sayang setiap hari agar niat negatif tidak timbul. Lakukanlah kebajikan setiap hari agar prilaku negatif tidak muncul (Anonim).

Salah satu kelemahan manusia adalah kedagingan, yaitu semua nafsu jelek, negatif, atau jahat yang ada dalam diri kita. Kita cepat menjadi marah saat kendaraan kita disusul orang lain, kita menjadi kecewa dan sakit hati, saat dinasehati orang lain, dan banyak contoh yang lainnya.

Tentu saja hal ini perlu kita lawan atau atasi agar tidak mengganggu masa depan dan menjadi penghambat keberhasilan kita. Hal ini kita lakukan dengan dua cara, yaitu (1) berserah dan memohon kepada Tuhan untuk membantu kita dan (2) melatih prilaku kita untuk melawan nafsu kedagingan tersebut.

Langkah pertama kita lakukan dengan selalu memohon bimbingan Tuhan dalam setiap langkah kehidupan kita. Biarkan Tuhan bekerja untuk membimbing langkah-langkah yang akan kita lakukan. Langkah kedua kita lakukan dengan terus mengembangkan kasih sayang dan melakukan kebajikan kepada sesama; hal inilah yang akan mencegah agar niat atau perilaku negatif tidak muncul.


Untuk itu marilah kita terus melatih diri terus menerus agar kita dapat menjadi manusia yang lebih baik, dikasihi sesama dan terlebih lagi dikasihi Tuhan. Amin. 

Tidak ada komentar: