Minggu, 21 Juli 2013

Mahluk Sosial [SKDAG970]

Anda membohongi diri bila mengira dapat hidup tanpa orang lain.
Lebih keliru lagi bila Anda mengira orang lain tidak dapat hidup tanpa Anda (La Rochefoucauld).

Pepatah “No man in an island” menunjukkan bahwa manusia itu adalah mahluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri saja dalam satu pulau. Tanpa teman atau manusia lain, maka ia segera akan punah. Orang yang sendirian akan mengalami kebingungan karena tidak ada teman untuk menyalurkan perasaannya, tidak ada lawan bicara yang ditemuinya. Bila hal ini terus terjadi maka gangguan jiwalah yang akan diterimanya. Tidak mungkin ada orang yang mengatakan bahwa ia tidak membutuhkan orang lain, karena manusia yang satu membutuhkan manusia lain.
Tetapi di sisi lain kita juga tidak dapat mengatakan bahwa saya manusia yang paling dibutuhkan, sehingga orang lain tidak dapat hidup tanpa saya. Hal ini merupakan suatu kesombongan dan keegoisan kita. Fungsi keberadaan seorang manusia, baik saya maupun Anda, dapat digantikan oleh manusia lainnya.

Jadi marilah kita saling menolong karena kita memang saling membutuhkan tetapi tidak perlu juga kita merasa menjadi orang yang paling hebat atau paling dibutuhkan. Janganlah sombong, tetapi jadilah manusia yang penuh kerendahan hati dan mau terus belajar untuk menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar: