Rabu, 24 Juli 2013

Evaluasi Diri Lebih Dahulu! [SKDAG971]

Mereka yang melempari orang lain dengan kotoran akan mengotori dirinya sendiri (Anonim).


Memang tidak ada manusia yang sempurna; setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Percayalah tidak ada manusia yang memiliki semua kelebihan, sehingga ia menjadi manusia yang sempurna. Dan tidak ada juga manusia yang ada pada dirinya hanyalah kekurangan saja, sehingga ia menjadi manusia yang paling rendah di dunia ini.


Untuk itu hendaknya sesama manusia saling tolong menolong dan saling mengasihi. Janganlah kita menyakiti hati orang lain, karena kita pun belum / tidak sempurna. Sebelum melakukan tindakan berupa penghakiman kepada orang lain, hendaknya kita melakukan evaluasi diri terlebih dahulu. Apakah saya lebih baik dari dia? Apakah saya memang pantas untuk menghukumnya? Apakah saya tidak pernah melakukan hal yang sama dengan orang tersebut? Dan lain-lain.


Kalau kita melempari orang lain dengan kotoran, sebenarnya kita terlebih dahulu telah mengotori diri kita sendiri, karena untuk melemparkan kotoran tersebut, sebelumnya kita telah memegangnya. Jadi sebelum orang lain menjadi kotor, ternyata kita yang telah terlebih dahulu menjadi kotor dan tidak layak. Untuk itu hendaknya marilah kita saling merendahkan hati dan saling membantu. Amin ….

Tidak ada komentar: