Minggu, 31 Maret 2013

Sederhana Membuat Sempurna [SKDAG952]


Hal-hal sederhana/sepele membuat kesempurnaan, dan kesempurnaan bukanlah hal yang sederhana (Michel Angelo).

Uang senilai Rp. 999,999 tetap tidak dapat dianggap bernilai sejuta rupiah. Untuk melengkapinya kita membutuhkan tambahan Rp. 1 lagi. Satu rupiah memang sedikit, tetapi ia menggenapi uang semula sehingga menjadi bernilai satu juta rupiah. Demikian juga untuk membuat suatu hal menjadi sempurna seringkali kita membutuhkan hal yang sederhana atau sepele. Contoh lain suatu mesin berfungsi dengan baik bila ia telah ditutup dengan sebuah sekrup yang kecil. Hal itulah yang membuat mesin berjalan dengan baik dan aman.

Jadi kita tidak boleh mengabaikan hal-hal yang tampaknya sangat sederhana dan tidak berarti, karena ia dapat membuat hal lain menjadi sempurna. Dibutuhkan gabungan berbagai hal untuk membentuk suatu kesempurnaan, sehingga jelas kesempurnaan bukanlah suatu hal yang sederhana. Kesempurnaan merupakan hasil akhir dari seluruh proses yang telah dilakukan untuk membuat suatu alat menjadi sempurna.

Demikian juga agar hidup kita menjadi sempurna atau sebaik mungkin, maka kita mendapatkannya sebagai suatu integrasi dari berbagai hal yang telah kita pelajari, yang telah kita alami, dan yang telah kita lakukan. Marilah kita lakukan berbagai hal yang mungkin sederhana, karena hal tersebut dapat membentuk kesempurnaan bagi hal lainnya maupun bagi diri kita sendiri.

Tidak ada komentar: