Rabu, 05 November 2008

SKDAG289 sd SKDAG293

Masa Depan Tidak Ditentukan Masa Lalu (SKDAG289)

SKDAG289:
Tiap hari adalah hari yang baru, jangan cegah masa depan luar biasa yang Tuhan sediakan bagimu dengan tinggal dalam rasa sakit masa lalu. Jangan biarkan masa lalu menentukan masa depanmu.


Masa lalu yang telah kita lalui, meninggalkan berbagai kenangan, baik yang manis maupun yang pahit. Janganlah kita terpesona oleh hal tersebut, semuanya sudah berlalu. Biarlah semua itu menjadi pengalaman dan bahan refleksi bagi kita untuk terus melangkah ke masa depan.

Seperti kita menyetir mobil, maka pandangan kita tertuju ke depan, sesekali memang kita perlu melihat spion untuk melihat ke masa lalu. Apa yang terjadi bila kita terus melihat ke spion sambil mengendarai mobil? Tentu saja kita akan mengalami kecelakaan, karena tidak konsentrasi ke arah depan. Hal yang sama terjadi dengan kehidupan kita.

Tuhan juga sudah secara adil, menempatkan mata kita di depan, bukan di belakang. Artinya Ia memang menginginkan kita untuk terus menatap (melihat) masa depan, bukan ke masa lalu (belakang).
Selamat menempuh masa depan yang penuh harapan dan sukacita. Optimis selalu ...


Percayalah, Kamu Sudah Menerimanya (SKDAG290)

Cara Tuhan memang luar biasa. Ketika saya memohon diberikan kasih sayang, maka Ia memberikanku orang-orang yang luka hatinya agar aku dapat berbagi dengan mereka.


Karunia yang diberikan Tuhan hendaknya digunakan untuk melayani sesama, bukan untuk kepentingan diri sendiri. Contoh yang menarik bila kita memohon kasih sayang, maka Tuhan langsung menyiapkan orang-orang yang membutuhkan kasih sayang. Dan kita diminta untuk membagikan kasih sayang tersebut kepada mereka.

Hal lain yang didapat adalah bahwa bila kita meminta kepada Tuhan, maka kita juga harus yakin dan percaya bahwa kita telah memperolehnya, sehingga siap untuk dipakai.
Untuk teman-teman yang beragama Kristen, dapat melihatnya dalam Mrk 11:24 : Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu. (Mungkin di Kitab Suci agama lainpun ada ayat pendukung yang sama, mohon masukan dari rekan-rekan ...).

Gunakan Titipan Tuhan secara Optimal (SKDAG291)

Kualitas diri manusia tidak ditentukan oleh apa yang dimilikinya, tetapi oleh apa yang telah dilakukannya bagi orang lain, bagi negara, bagi keluarga dan juga bagi dirinya sendiri.

Semua yang telah kita miliki (keluarga, kekayaan, kepandaian, kejujuran, sukacita dll.) merupakan karunia Tuhan, bukan karena prestasi dan kehebatan kita. Semua itu milik Tuhan yang dititipkan kepada kita untuk dikelola dengan baik.

Kembangkan dan gunakanlah semua milik Tuhan tersebut untuk membangun Kerajaan Nya, bukan kerajaanku. Boleh digunakan untuk pengembangan diri, tetapi juga digunakan untuk pengembangan orang lain, baik keluarga dan sahabat, maupun orang lain dan juta buat negara kita tercinta, Indonesia.


Bersyukurlah, maka akan DitambahkanNya (SKDAG292)

Makin banyak anda mengenali dan mengucap syukur untuk hal-hal yang anda miliki, maka semakin banyak hal yang anda miliki yang dapat anda ucapkan syukur (Zig Ziglar)

Bersyukurlah atas semua milikmu (harta, keluarga, kesehatan dll.), karena semua adalah pemberian dari Allah yang dititipkan kepadamu untuk dikelola dengan baik.

Bila anda mengenali milikmu, mengelolanya dengan baik dan menggunakannya demi orang lain, maka anda akan dititipi lebih banyak lagi oleh Nya, karena Dia sudah mempercayai anda.


Iman, Kesetiaan, Syukur, dan Doa (SKDAG293)

Harta yang paling berharga adalah iman.
Kesetiaan adalah kasih yang terbesar.
Bahasa yang paling indah adalah syukur.
Kekuatan yang paling istimewa adalah doa.


Kehidupan dan seluruh isinya berasal dari Tuhan, karena itu segalanya pun kita serahkan kepadaNya. Hubungan dengan sesama harus kita lakukan seperti hubungan kita dengan Tuhan. Beberapa kata kunci yang penting untuk diperhatikan dalam hubungan dengan Tuhan adalah IMAN, SETIA, SYUKUR, dan DOA.

Tidak ada komentar: